Sabtu, 25 Maret 2017

PERBEDAAN KOMPONEN KOMPUTER PADA JAMAN DULU & SEKARANG


Teknologi kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan merupakan oleh manusia. Teknologi berawal dari sumber daya alam yang diolah menjadi sebuah peralatan sederhana, dari peralatan sederhana tadi diolah lagi menjadi perangkat canggih, proses awal emang mengalami kesulitan tapi setelah terbentuk maka akan mudah pada akhirnya. teknologi merupakan sejarah paling pesat yang pernah ada dan terjadi dalam kehidupan ini. Jika kita melihat antara teknologi komputer jaman dulu dan sekarang banyak sekali perubahan yang terjadi, bahkan tiap tahunnya komponen-komponen komputer tersebut memiliki kemajuan yang tak terbayangkan oleh para pendahulunya. Nah artikel kali ini akan memberikan sebuah perbandingan dan juga gambaran antara komponen-komponen komputer jaman dulu dan jaman sekarang, dimana setiap perubahan bentuk terdapat kemajuan didalamnya. Nah apa saja itu yuk kita simak artikelnya dibawah ini.

1.      Komputer Jaman dulu & Komputer jaman sekarang

Komputer Jaman dulu
Komputer jaman dulu di buat untuk perlengkapan perang misal sebagai pemecah kode musuh, peluru kendali dan sebagai alat pendesain pesawat terbang, seiring berjalannya waktu komputer mengalami perubahaan kegunaan yang awalnya untuk perang menjadi sebuah kebutuhan yang sangat dibutuhkan manusia. Komputer generasi pertama menggunakan komponen elektronik yang merupakan sebuah Tabung hampa (Vacuum Tube) dan berisi 18.000 tabung vacum, sehingga hanya mampu melakukan 5000 operasi penambahan/detik. komputer generasi pertama itu memerlukan ruangan yang cukup lebar, dan satu ruangan hanya bisa untuk satu komputer, dan untuk mengoperasikanya dibutuhkan banyak orang. Untuk biaya komputer zaman dahulu memiliki biaya yang cukup mahal karena komputer zaman dahulu memiliki komponen yang lebih besar dibanding dengan komputer zaman sekarang, ditambah daya yang dibutuhkan sebesar 140 Kwatt, padahal rata-rata daya listrik dirumah anda hanya 900 watt. Namun dibalik semua itu komputer jaman dulu memiliki daya tahan yang kuat, dan sistem operasi yang digunakan ialah MS-DOS (Microsoft Disk Operating Sysem).
Komputer jaman sekarang
Komputer jaman sekarang memiliki desain yang unik, kecil, dan ramping namun meskipun begitu memiiliki kecanggihan yang tak dapat di bandingkan lagi dengan komputer jaman dulu. Komputer jaman sekarang sudah memiliki kecepatan akses yang luar biasa dengan Processor dan Ram canggih didalamnya, memiliki kapasitas besar dalam menyimpan data, memiliki layar dengan kemampuan OLED, daya tegangan listrik yang kecil, Mouse & keyboard yang canggih, menggunakan OS canggih misal Windows 10, Hackintosh, Linux Mint, dan lain-lain. Untuk mengoperasinya cukup 1 orang untuk beberapa kontrol komputer.

2.      Harddisk Jaman dulu & Harddisk jaman sekarang


Harddisk Jaman dulu
Harddisk genarasi pertama diberi nama dengan IBM 350, Menggunakan Cakram keras dan merupakan bagian dari sistem komputer bernama RAMAC 305, RAMAC sendiri merupakan kependekan dari Random Access Method of Accounting Control, yaitu sistem yang mampu menyediakan akses data yang cepat bagi penggunanya di masa itu. Tidak seperti cakram keras yang dijumpai di pasaran saat ini, IBM 350 itu jauh lebih Bongsor. Besarnya itu setara dengan dua buah kulkas yang berderet dan bobotnya pun tak tanggung-tanggung yakni sebesar satu ton. Itu karena, ia terdiri 50 buah cakram berdiagonal 24 inci (sekitar 60 cm), yang ditumpuk-tumpuk, dan Kapasitas penyimpanannya yang diperoleh hanya Sekitar 5 megabyte data saja, Bila dipakai untuk menyimpan file musik berformat MP3, IBM 350 hanya bisa memuat satu file lagu, yang kurang lebih berdurasi 5 menit.
Harddisk jaman sekarang
Sedangkan SSHD merupakan kepanjangan dari Solid State Hibrida, Harddisk jenis ini mengabungkan kedua teknologi yakni SSD dan HDD (HardDisk) menjadi satu kesatuan maka didalam Harddisk tersebut terdapat cakram dari HDD dan juga terdapat memory 􀂡ash NAND dari SSD. Harddisk saat ini sudah akan mencapai masanya dan akan diganti dengan media penyimpanan terbaru yakni SSD dan SSHD. SSD merupakan kepanjangan dari Solid State Drive merupakan inovasi terkini dan terbaru dari media penyimpanan data. SSD menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD dapat dikatakan juga sebuah media penyimpanan data yang menggunakan nonvolatile memory sebagai
media dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti cakram keras konvensional. Berbeda dengan volatile memory (pada RAM), data yang telah tersimpan di SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada. SSD mempunya fungsi yang sama seperti harddisk, yaitu sebagai media penyimpanan data. Hanya saja, apabila Laptop atau PC kita menggunakan penyimpanan data SSD, maka performa laptop tersebut akan lebih cepat dibandingkan menggunakan harddisk. Kapasitas yang ada pada SSD ini saat ini sudah mencapai 60TB (TeraByte) dan rekor tersebut dipegang oleh perusahaan Seagate, Dengan kapasitas sebesar itu anda sudah dapat menyimpan file apapun yang anda inginkan, dan sekarang kita bisa lihat perbandingan harrdisk jaman dulu dan jaman sekarang.

3.      Monitor jaman dulu & Monitor jaman sekarang

Monitor jaman dulu
Monitor jaman dulu memiliki bentuk desain yang besar dan berat, dan monitor ini disusun mengunakan tabung sinar katoda, dan diberi nama dengan Monitor CTR (Cathode Ray Tube) atau bisa disebut juga dengan Monitor tabung. Awalnya monitor ini hanya digunakan sebagai siaran televisan saja, dan generasi komputer pertama pada saat itu terpaksa menggunakan TV sebagai layar penampil dari pengolahan data yang dilakukan. Namun sayang Monitor CTR ini hanya mampu menampilkan 40 Karakter saja. Dan seiring waktu akhirnya Monitor CTR di ciptakan khusus juga untuk generasi komputer saat itu dan sudah memiliki kemampuan warna antara 2 sampai 16 warna, Bebas dead pixel, ghosting, dan viewing angle. Namun di balik kelebihan tersebut Monitor jenis ini membawa dampak yang buruk juga yakni boros listrik, terdapat radiasi yang dapat merusak mata, otak, dan sel rambut. Rentan distorsi, glare dan flicker.
Monitor jaman sekarang
Monitor jaman sekarang memiliki desain yang unik, tipis, dan ringan. Selain itu monitor masa kini sudah memakai teknologi yang disebut dengan OLED. OLED merupakan kependekan dari Organic Light-Emitting Diode berarti cahaya yang digunakan Monitor jenis ini berasal dari pemancar cahaya yang terbuat dari material lapisan organik, seperti karbon untuk menciptakan cahaya ketika mendapatkan aliran listrik, karena kemampuan ini OLED tidak membutuhkan sumber cahaya seperti LCD dan LED. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi
tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm seperti layaknya kertas. OLED memilik teknologi warna sebanyak 16 juta warna yang membuat gambar atau hasil foto yang dihasilkannya sangat jernih dan seindah warna aslinya, Kontras yang sangat tinggi dan super cepat dalam pemrosesan gambar, video, atau pun foto. Salah satu kegunaan dari monitor OLED ini bisa juga dipakai untuk sebuah fitting room virtual. Hal ini memungkinkan karena monitor OLED Samsung ini sudah terintegrasi dengan teknologi RealSense Intel. Jadi, fitting room virtual tersebut pun bakal menjadi ruang ganti yang interaktif. Dengan monitor ini, mencoba sebuah pakaian, perhiasan pun bisa dilakukan tanpa harus memakainya secara langsung.

4.      Mouse Jaman dulu & Mouse jaman sekarang

Mouse Jaman dulu
Ide mengenai mouse komputer pertama kali muncul di otak Douglas saat ia hadir dalam konferensi Komputer Grafis. Saat itu kursor yang ada di layar komputer dianggap sebagai 'bug' sehingga bagaimana bisa 'bug' tersebut bisa dimanfaatkan. Eksperimen terus dilakukan oleh Douglas dengan melakukan berbagai macam uji coba dengan menggunakan benda-benda yang awalnya berbahan dasar kayu dan hanya terdapat satu tombol namun belum sempurna kemudian di model selanjutnya, benda hasil eksperimennya sudah dilengkapi dengan tiga tombol dimana besi sebagai bahan dasarnya dan roda penggerak yang menggunakan alumunium. Akhirnya Mouse komputer temuan Doglas Engelbart berhasil diciptakan namun bentuknya masih mirip kotak dimana kabel panjang terhubung di belakang kotak tersebut, namun pada akhirnya kabel tersebut berada di depan mouse, ini merupakan model mouse komputer yang sekarang banyak digunakan.
Mouse jaman sekarang
Mouse saat ini memiliki bentuk yang tak dapat disandingkan lagi dengan mouse jaman dulu, Mouse masa kini memiliki desain bentuk yang unik, ringan, dan dibuat nyaman untuk tangan penggunanya, apalagi mouse untuk gaming yang sudah pasti memiliki bentuk yang aneh tapi memiliki fungsi canggih didalamnya. Saat ini mouse memiliki bentuk yang berbeda-beda dan juga memiliki fungsi yang berbeda-beda dari lainnya, tak heran jika kita sering dibuat bingung mau pilih yang mana. namun baru-baru ini muncul teknologi terbaru mouse bernama Swiftpoint GT yang membuat pengguna merasakan sensasi layar sentuh di komputernya. Mouse pada umumnya hanya bisa untuk menggerakkan kursor dan dilengkapi dengan scroll untuk membantu pengguna menggeser ke atas atau ke bawah di tampilan halaman layar komputer. Namun berbeda dengan Mouse Swiftpoint GT yang mampu memberikan pengalaman baru menggunakan mouse. Pengguna akan merasakan komputer atau laptopnya seperti memiliki fitur layar sentuh. Pasalnya dengan teknologi terbaru mouse Swiftpoint GT pengguna bisa menggeser layar dengan halus dan sesuai kecepatan gerakan pada mouse. Kelebihan teknologi terbaru Swiftpoint GT memiliki fitur yang berbentuk seperti bola kecil yang ada di bagian bawah kiri pada mouse. Kita bisa mengaktifkan fitur ini dengan sedikit memiringkan mouse ke arah kirim dan menggeser mouse sesuai keinginan user. Teknologi terbaru mouse Swiftpoint GT dilengkapi dengan Wireless, Bluetooth v4.0 dan baterai yang bisa digunakan kapan

5.      Keyboard jaman dulu & Keyboard jaman sekarang

Keyboard jaman dulu
Keyboard jaman dulu itu memiliki desain yang besar dan berat, dan masih lambat untuk digunakan mengetik, ditambah lagi tidak memiliki fungsi selengkap tombol yang sekarang ini yang dapat Anda kombinasikan sesuka hati dengan tombol lain sehingga menghasilkan fungsi. Keyboard saat ini memiliki 2 macam yakni qwerty dan dvorak, namun yang paling terkenal dan banyak digunakan ialah jenis qwerty. keyboard qwerty tidak akan terbentuk jika Christopher Latham Sholes tidak mengacak-acak urutan huruf itu sedemikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap
paling sulit untuk digunakan dalam mengetik yakni qwerty. Sedangkan jenis Dvorak terbentuk dari keyboard qwerty yang memiliki fungsi tidak effisien untuk digunakan maka dari hal itu akhirnya jenis dvorak pun tercipta oleh Dr. August Dvorak, Keyboard dvorak mampu meningkatkan kecepatan mengetik, mengurangi pergerakan jari, tidak mudah lelah saat digunakan, dan mengurangi kesalahan mengetik jika dibandingkan dengan susunan keyboard QWERTY. Tak hanya itu, susunan Dvorak juga dinyatakan dapat mengurangi gangguan pada bagian tangan dan lengan dan Carpal Tunnel Syndrome yang sangat berbahaya. Namun sayang jenis dvorak masih kalah bersaing dengan mencegah penyakit jenis qwerty, dan lambat laun jenis dvorak kurang dikenal.
Keyboard jaman sekarang
Keyboard saat ini tidak dapat dibandingkan dengan keyboard jaman dulu, karna pasalnya keyboard saat ini memiliki berbagai bentuk desain yang unik, ringan, cepat, dan stylish. Selain itu keyboard masa kini sudah dilengkapi berbagai fitur yang dapat memanjakan tangan anda dalam mengetik misal keyboard mekanik, kemampuan 19 tombol keys roll-over anti-ghosting, Anti air dan Anti licin, Lampu LED backlight yang dapat berganti warna selain itu memudahkan anda mengetik di dalam kegelapan, ketahanan hingga berjuta-juta klik, tanpa kabel menggunakan wireless, menggunakan tombol proyeksi dalam mengetik, dan masih banyak fitur terbarunya yang lainnya dan kemungkinan akan terus berkembang.

6.      Processor jaman dulu & Processor jaman sekarang

Processor jaman dulu
Processor saat ini yang paling terkenal ialah buatan INTEL dan AMD, ke dua perusahaan ini saling bersaing dalam membuat processor canggih tak heran jika processor mereka memiliki kualitas terbaik, tapi taukah kamu processor pertama kali itu ialah buatan INTEL, processor itu di beri nama dengan sebutan Intel®4004 , dan menjadi processor pertama di dunia. Processor ini merupakan Processor 4 bit dengan set chip disekitarnya, yang dijual untuk umum disamping menjadi CPU pertama yang dijalankan di atas sebuah chip. Bisa dikatakan bahwa Intel®4004 Processor merupakan pembuka jalan pada sebuah kemungkinan bahwa memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati merupakan suatu hal yang sangat mungkin dapat dilakukan oleh manusia.
Processor jaman sekarang
Processor saat ini memiliki kecepatan dan kualitas yang super woow baik itu INTEL maupun AMD, dan processor masa kini tidak dibandingkan dengan processor jaman dulu, salah satu contohnya ialah processor keluaran terbaru Intel yang memiliki kecepatan memukau missal Intel Core i7 4960X dengan kecapatan processor sebesar 3.5Ghz ditambah Cache sebesar 15MB. Menurut berita yang beredar, processor di tahun 2016 ini akan hadir dengan 10 inti core yang sudah dapat dipastikan memiliki fitur canggih didalamnya. Dengan kemampuan X64 bit, Yang mampu meningkatkan kinerja komputer, membuat komputer makin hemat energi, serta menghasilkan kualitas tampilan gambar yang jauh lebih baik, khususnya saat memutar video definisi tinggi. Dan semua fitur itu berlaku juga pada processor saingannya yang tidak kalah baik yakni AMD.RAM jaman dulu & RAM Jaman sekarang

7.      RAM jaman dulu & RAM jaman sekarang

RAM jaman dulu
Penemu RAM pertama kali ialah Robert Dennard yang diberi nama dengan sebutan DRAM dan ia mendapatkan hak patennya di tahun 1968. DRAM (Dynamic Random Access Memory) merupakan memori semikonduktor yang membutuhkan kapasitor sebagai tumpuan untuk me-refresh data yang ada di dalamnya. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi di banding EDO-RAM(Extended Data Out Random Access Memory). Namun lebih rendah dibandingkan SRAM(Static Random Access Memory).
Dalam susunanya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor/bit, sehingga memiliki kepadatan tinggi. DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz, sungguh angka yang sangat kecil jika dibandingkan dengan Ram masa kini, namun dari DRAM ini terciptalah Ram-Ram cangih yang sampai saat ini terus berkembang pesat.
RAM Jaman sekarang
RAM masa kini sudah mencapai genarasi ke 4 dari DDR ((Doble Data Rate) memory, Ram Ini merupakan generasi terbaru dari RAM DDR SDRAM dengan transfer data mencapai 2133 ~ 3200 MT/s. RAM DDR4 juga lebih efisien dengan tegangan kerja sebesar 1.2V. Dengan tegangan sebesar 1.2V ini tercatat RAM DDR4 mampu mencapai transfer data rate sebesar 2400 MT/s. Pada RAM DDR4 terdapat empat grup bank dimana setiap grup mampu menangani operasi secara independen. Hal ini membuat RAM DDR4 mempu memproses 4 data dalam satu siklus clock dan membuatnya jelas lebih efisien dari RAM DDR3. Selain itu pada RAM DDR4 juga terdapat fitur baru lainnya seperti DBI (Data Bus Pembalikan), CRC (Cyclic Redundancy Check) dan CA paritas. Fitur-fitur ini meningkatkan integritas sinyal RAM DDR4 dan tentu saja meningkatkan stabilitas transmisi data / akses. RAM jenis DDR 4 juga menawarkan kapasitas yang lebih besar lagi, yaitu sebesar 16 GB per kartu memorynya. Sehingga ketika user menggabungkannya dengan processor yang mendukung dual slot memory, maka user akan memperoleh kapasitas RAM sebesar 32 GB, sungguh angka fantasik bukan yang tidak bisa kita samakan dengan pendahulunya.

8.      CD jaman dulu & CD jaman sekarang

CD jaman dulu
CD jaman dulu hanya berkapasitas 700 MB dan itupun mudah rusak jika kita sering-sering memutarnya. Disc terbuat dari bahan polycarbonate yang dilapisi dengan alumunium karena permukaannya yang reflektif. Informasi akan dibaca dari CD dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang ditempatkan di dalam optical disc player atau drive unit. Laser akan menyinari lapisan pelindung yang bening, ketika motor drive unit di CD player bekerja memutar disc. Laser itulah yang berfungsi melacak, membaca, dan menampilkan data, baik dalam bentuk suara, gambar, ataupun data yang direkam di salah satu sisi CD.
CD jaman sekarang
CD dimasa sekarang sudah habis masanya dan akan diganti dengan teknologi terbaru yaitu Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc). FM Disc ini juga akan menganti para pendahulunnya seperti DVD dan BSD.
FM Disc sendiri merupakan perkembangan atas penemuan seorang kimiawan Rusia beberapa waktu sebelumnya. yaitu sebuah bahan organis yang bernama “stable photocrome”, sebuah bahan bila terkena sinar laser dapat memancarkan cahaya Fluoroscent. Salah satu perbedaan mendasar adalah bila CD dan DVD permukaannya tergores, data akan sulit dibaca, sedangkan pada FM Disc hal tersebut tidak terjadi. Isinya akan tetap terbaca meskipun permukaannya tergores atau kotor. Karena sifat cahaya pada FM Disc bersifat incoherent berbeda dengan CD dan DVD yang
bersifat coherent. Dari segi bentuk, FM Disc memiliki bentuk seukuran dengan CD, DVD, dan Blue-Ray disc (BSD) tetapi FM Disc lebih transparan, tidak terdapat lapisan mengkilap seperi generasi sebelumnya pada FM Disc. FM Disc memiliki lebih banyak layer, yaitu untuk kapasitas 50 GB diperlukan 12 layer dengan kecepatan akses yang sangat cepat mencapai 1 GB/s. Untuk tahap awal, teknologi FM Disc masih menggunakan laser merah yang hanya mampu menampung sekitar 140 GB data. Dan untuk tahap berikutnya akan menggunakan laser biru dengan panjang gelombang 480 nm, dengan kapasitas mencapai 10 TB (Tera Byte). Sungguh merupakan kapasitas yang sangat luar biasa besar.

9.      Printer jaman dulu & Printer jaman sekarang
Printer jaman dulu
Mesin cetak pertama memiliki desain yang unik dengan bentuk yang besar dan berat dikarenakan bahan pembuatannya yang menggunakan material logam, kayu, dan menggunakan minyak khusus sebagai pewarna (Tinta). Walaupun terlihat kuno ternyata mesin ini sangat bisa diandalkan dikarenakan mesin ini dapat mengetik huruf secara tepat, dan cepat (Tapi, tidak secepat printer modern). Karena penemuannya ini Gutenberg menjadi orang terkenal di Jerman, dan orang banyak berdatangan kerumahnya untuk melihat secara langsung cara kerja mesin ini. Dengan cepat mesin printer ini berkembang di dataran Eropa, dan hingga mesin cetak modern yang sekarang kita gunakan.
Printer jaman sekarang
Printer jaman sekarang memiliki desain yang stylish, cool, modern, dan dilengkapi dengan teknologi canggih di dalamnya. Secara umum printer dapat dikategorikan kedalam dua jenis, yaitu printer dan printer . Printer impact adalah jenis printer yang impact non-impact digunakan untuk membuat surat. Contohnya printer daisy wheel dan printer dot matrix. Sedangkan printer non-impact tidak bekerja dengan pita tinta. Contohnya printer inkjet dan printer laser. Dan printer terbaru saat ini ialah printer 3D, Printer 3D adalah salah satu teknologi terbaru di dunia percetakan, dimana teknologi percetakan 3 dimensi ini akan menjadi salah satu tren teknologi di masa depan. Printer 3D adalah alat cetak dalam bentuk 3 dimensi (juga dikenal sebagai prototipe cepat atau stereolithography) di mana sebuah objek tiga dimensi dibuat dengan meletakkan lapisan berturut-turut beberapa bahan. cara kerja mesin printer 3D secara umum terbagi pada 3 tahapan proses yaitu Model objek 3D, Printing dan Finishing. Model objek 3D dapat dibuat dengan bantuan design komputer atau scanner 3D, proses ini menganalisa dan mengumpulkan data dari objek nyata untuk kemudian bentuk dan penampilannya dibuat digital sebagai model tiga dimensi. Proses Printing atau mencetak menggunakan prinsip dasar Additive Layer dengan rangkaian proses mesin membaca rancangan tiga dimensi dan mulai menyusun lapisan secara berturut turut untuk membangun model dalam serangkaian proses lengkap. Intinya mesin ini dapat mencetak barang-barang rumah anda dan hasilnya akan di duplikat olehnya sehingga menghasilkan benda yang mirip dengan aslinya.

10.   VGA Card jaman dulu & VGA Card jaman sekarang

VGA Card jaman dulu
VGA Card pertama kali dibuat tahun 1981 oleh IBM dengan nama IBM PC video card. Pada saat itu istilahnya adalah MDA (Monochrome Display Adapter) dan hanya bisa beroperasi untuk text mode dengan ukuran 80 kolom 25 baris (80×25). Mempunyai video memory sebesar 4KB dan hanya mensupport 1 warna saja. Di peta memori komputer PC, memori MDA terletak pada segmen B000 Hex, sebesar 4 KB.
VGA Card jaman sekarang

VGA Card masa kini memiliki desain yang stylish, modern, dan cool, disamping itu terdapat banyak fitur-fitur canggihnya, misal dilengkapi dengan kipas pendingin yang anti debu sehingga PC anda selalu terjaga dari panas dan juga debu, mampu bekerja dengan noise yang sangat minim, memiliki kecepatan clock hingga 5000 MHz hal ini dapat memberikan pengalaman maksimal dalam bermain game berat, Dan kapasitas memori sebesar 2GB DDR5 dan 128 bit, dan masih banyak lainnya. Itulah beberapa perbedaan dan perbandingan komponen-komponen komputer jaman dulu dan jaman sekarang. Meskipun komponen-komponen jaman sekarang lebih baik dari pada sebelumnya, namun hal itu tidak akan terbentuk kalau bukan jaman dulu yang mengawalinya. Artikel ini tidak bermaksud menjelek-jelekan komponen-komponen jaman dulu namun artikel ini bermaksud agar para pembaca bisa berubah menuju ke hal yang lebihbaik, sama seperti komponen-komponen komputer diatas.

Sumber :
http://www.gatlingkom.com
http://www.jagatreview.com
http://id.wikipedia.com
http://www.google.com/image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI BIDANG PEMBANGUNAN DAN PEMELIHARAAN YAYASAN BADAN WAKAF SULTAN AGUNG

BAB I PENDAHULUAN 1.1     Latar Belakang Sistem informasi Manajemen (SIM) atau (bahasa Inggris: Management Information System , MIS...